Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa berinvestasi? Saat ini investasi bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali ibu rumah tangga. Seorang ibu rumah tangga biasanya adalah kunci utama pengontrol keuangan keluarga.

Tanpa disadari sebenarnya banyak peluang dari anggaran bulanan yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi. Misalnya, tentu Moms sering mendapatkan sisa uang belanja bulanan atau sisa anggaran lainnya. Jika uang kembalian belanja yang besarnya hanya Rp 5.000 atau Rp 10.000 dikumpulkan, tanpa terasa akan jadi banyak juga. Modal ini pasti Anda dapatkan setiap bulan bukan? Inilah modal yang tidak boleh disia-siakan dan dapat digunakan untuk berinvestasi.

Tujuan investasi ibu rumah tangga biasanya diprioritaskan untuk kepentingan keluarganya. Misalnya kelak hasil investasi akan digunakan untuk biaya melahirkan, biaya pendidikan anak, dsb. Tentunya Moms ingin dana yang diinvestasikan dapat menghasilkan keuntungan yang terjamin. Apalagi jika tujuannya untuk memenuhi kebutuhan anak. Menyeimbangkan keuntungan jangka pendek dan jangka panjang akan membantu Anda memenuhi seluruh kebutuhan tersebut

Cara memulai berinvestasi adalah dengan mulai berhemat pengeluaran rutin, tanpa mengabaikan kebutuhan utama. cobalah untuk memeriksa apakah kondisi keuangan anda cukup sehat dan memastikan Anda sudah belajar tentang investasi tersebut. Ketika memulai investasi, mulailah dengan modal kecil dan pilihlah instrumen investasi yang anda kenali, kemudian jika anda sudah lebih terbiasa, baru lah menambah nilai investasi anda secara bertahap.

Ada beragam instrumen investasi yang ditawarkan saat ini. Tetapi tidak semua investasi sesuai dengan kebutuhan ibu rumah tangga. di antaranya yang disarankan untuk ibu rumah tangga :

  1. Investasi Reksadana

Dengan adanya MI, Anda tidak perlu repot memantau pergerakan pasar untuk mencari tahu saham perusahaan mana yang seharusnya dibeli. Andapun dapat membeli reksa dana secara online.

  1. Investasi Saham

Ibu rumah tangga dapat mempertimbangkan investasi saham sebagai produk investasi karena potensi return nya yang cukup tinggi. Namun untuk memulai berinvestasi saham, Anda perlu menambah pengetahuan dan kemampuan. Setidaknya Anda perlu tahu cara memilih perusahaan yang tepat, tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan waktu yang tepat untuk menjual.

  1. Investasi Emas

Investasi emas yang dianjurkan adalah investasi emas dalam bentuk logam mulia bukan perhiasan.

  1. Investasi Property

Investasi properti pun dapat dilakukan tanpa harus dengan pemahaman yang dalam. Sulitnya investasi properti adalah modal yang dibutuhkan cukup besar. anda dapat mencoba untuk menawarkan properti anda baik untuk disewa atau dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi

Keempat pilihan investasi di atas tentu juga harus disesuaikan dengan jangka waktu Anda menggunakan dana tersebut dan rencana keuangan Anda.

Kunci terpenting dalam berinvestasi bagi ibu rumah tangga adalah jangan pernah berkata nanti untuk mulai berinvestasi. Jika seorang ibu rumah tangga menunda suatu pekerjaan, biasanya pekerjaan itu tidak akan pernah dilakukan. Selain itu jangan pernah berkata tidak mempunyai cukup uang. Banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk berinvestasi jika investasi sudah menjadi prioritas bagi Anda.

Sumber : finansialku.com, keluarga.com, okezone.com