Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Perlunya Berinvestasi

Apa itu investasi? Investasi merupakan pembelian modal atau barang-barang yang tidak dikonsumsi, namun digunakan untuk kegiatan produksi sehingga menghasilkan barang atau jasa di masa akan datang. Atau secara sederhana investasi bisa diartikan sebagai kegiatan menyimpan uang dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Investasi dapat dilakukan jika seseorang tidak menggunakan semua pendapatannya untuk dikonsumsi, melainkan ada sebagian yang ditabungkan. Tabungan ini digunakan untuk melakukan investasi.

Alasan perlunya berinvestasi :

  • Inflasi.

Tingkat inflasi tiap tahunnya akan meningkat dan memiliki dampak buruk yaitu melemahkan nilai uang. Dengan berinvestasi, inflasi dapat diatasi karena nilai investasi berjalan seiring dengan inflasi, sehingga nilai uang kita tidak kalah dengan inflasi.

  • Adanya kebutuhan masa depan yang belum bisa terpenuhi sekarang

Dengan berinvestasi, diharapkan dapat mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan masa depan yang semakin berkembang dan semakin meningkat biayanya. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang akan datang dengan uang yang telah diinvestasikan.

  • Mempersiapkan dana pensiun.

Akan ada saatnya kita tidak lagi bekerja dan ingin menikmati masa tua. Dengan investasi sekarang, dana yang terkumpul kelak dapat digunakan dan dimanfaatkan saat sudah tidak bekerja lagi.

  • Mencegah ketidakpastian di masa depan.

Seandainya terjadi krisis ekonomi di masa yang akan datang dan mengakibatkan pendapatan menurun, maka hal tersebut dapat diatasi dengan apa yang telah kita investasikan.

  • Mengembangkan kekayaan

Karena tujuan investasi adalah mendapatkan keuntungan. Dengan berinvestasi, keuntungan yang didapat akan menjadikan kekayaan orang tersebut bertambah.

  • Memulai investasi tidaklah sulit

Barbagai macam informasi mengenai investasi dapat kita pelajari sendiri dan kita juga dapat mengaturnya sendiri. Dan dengan banyaknya jenis investasi, kita dapat memilih sendiri jenis investasi apa yang cocok dengan keinginan.

  • Melindungi nilai asset

Dengan investasi, kita dapat melindungi nilai suatu aset yang kita miliki. Karena investasi dapat membantu menjaga agar nilai aset kita tidak turun.

Berdasarkan alasan-alasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa melakukan investasi menguntungkan untuk berjaga-jaga dan menambah kekayaan. Sehingga kita harus memikirkan dari sekarang kemana dan bagaimana melakukan investasi.