Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Pentingnya Analisa Sebelum Berinvestasi Saham

Kalau lihat checklist dibawah, kamu tandanya sudah siap untuk memulai investasi di pasar saham karena hal – hal teknis sudah tersedia. Tapi, di jaman sekarang yang serba online dan informasi datang begitu banyak dan cepat, ternyata investasi saham tidak sesederhana beli dan jual saja. Kamu harus bisa melakukan analisa yang baik sebelum memutuskan untuk membeli ataupun menjual saham. Jangan termakan omongan bahwa investasi saham pasti untung. Karena kalau kamu beli saham yang fundamentalnya jelek, maka bisa dipastikan kamu akan mengalami kerugian. Disinilah analisa fundamental memegang peranan penting dalam menentukan apakah perusahaan yang kamu beli itu baik atau tidak.

Nah, setelah menentukan sebuah perusahan bagus, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membelinya bukan? Eits, tunggu dulu! Kita ga boleh sembarang beli saja lho. Ada aspek yang disebut dengan timing. Tidak ada gunanya membeli saham perusahaan bagus tapi sudah naik (katakanlah) 50% dari awal tahun. Jadi, investor juga perlu menentukan timing kapan waktu yang tepat untuk membeli. Dalam hal ini, membeli ketika harga saham perusahaan bagus itu belum naik terlalu tinggi. Setuju? Disinilah analisa teknikal memegang peranan penting. Jangan anggap remeh mengenai timing yah.

Artinya PR kamu ada dua: Melakukan analisa fundamental untuk menentukan perusahan mana yang kinerjanya baik, dan analisa teknikal untuk mementukan kapan timing terbaik untuk membeli saham tersebut.

Pertanyaannya, apakah kamu sudah belajar untuk menganalisa?

Belajar analisa saham menjadi checklist terakhir kamu sebelum benar – benar terjun ke pasar saham.

Selamat berinvestasi!