Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Mengenal The Fed & FOMC

The Fed adalah singkatan dari The Federal Reserve System, bank sentral Amerika Serikat, yang sangat berperan penting dalam menentukan arah perekonomian AS dan juga mata uang US dollar. 

The Fed juga melakukan riset dan studi mengenai trend perekonomian AS untuk menunjang dalam membuat keputusan kebijakan moneter yang tepat. The Fed adalah institusi yang independen, artinya bisa membuat keputusan sendiri tanpa persetujuan pemerintah. Namun kongres bisa mempertanyakan keputusannya jika dinilai kurang tepat, dan kepala The Fed secara teratur melakukan testimoni di depan senat. Kepala The Fed dicalonkan oleh presiden dan harus memperoleh persetujuan dari senat. Secara teoritis, The Fed harus bebas dari tekanan politik.

Tugas utama The Fed adalah mengupayakan tingkat pertumbuhan ekonomi sesuai dengan target, tingkat pengangguran yang rendah, mengatur tingkat inflasi dan kestabilan harga untuk menjaga daya beli (purchasing power) US dollar, serta menentukan tingkat suku bunga yang paling pas untuk menunjang berjalannya roda ekonomi. Sebagai bank sentral The Fed juga mengawasi kesehatan bank-bank komersial baik dalam menampung dana nasabah maupun dalam menyalurkan kredit.

The Fed juga berperan penting dalam clearing check, memproses pembayaran yang dilakukan secara elektronik, menyalurkan uang ke bank-bank dan institusi keuangan, serta mengawasi transaksi antar bank. Riset dan studi The Fed mengenai kondisi ekonomi secara keseluruhan maupun regional dipublikasikan melalui artikel, seminar, website, maupun pidato para petingginya. Distribusi informasi ini adalah juga tugas The Fed.

Dua publikasi penting The Fed yang selalu diperhatikan oleh pelaku pasar adalah:

1. Beige Book

Laporan analisa ini dipublikasikan 8 kali setahun, yang didasarkan pada hasil wawancara terhadap para ekonom, analis, pebisnis dan direktur bank pada beberapa negara bagian, dan lebih menonjolkan kondisi perekonomian regional

2. Fed Minutes

Laporan  ini mengungkapkan pandangan para anggota FOMC pada saat meeting. Sering kali memuat perbedaan detail antar anggota beserta alasannya masing-masing yang diakhiri dengan voting. Perbedaan hasil voting yang menyolok akan sangat berdampak pada pergerakan USD. Fed Minutes yang juga dirilis 8 kali per tahun ini sangat diperhatikan para pelaku pasar uang dan pasar modal.

The Fed menentukan kebijakan moneter untuk menjaga kesehatan perekonomian AS. Kebijakan yang dijalankan adalah menentukan suku bunga dan jumlah uang yang beredar untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan menghindari resesi. Jika pertumbuhan perlu dipercepat dan lapangan kerja perlu diperbanyak, The Fed akan memberikan kredit ke bank-bank komersial untuk disalurkan.

FOMC adalah kependekan dari Federal Open Market Committee. sebuah kelompok dalam The Fed yang membuat keputusan mengenai kebijakan moneter. FOMC terdiri dari 12 anggota . Pada dasarnya FOMC sangat dipercaya sebagai penghasil kebijakan. Namun kebijakan tersebut akan selalu di dahului oleh rumor yang sangat besar hingga market mampu terguncang padahal hasil pengumuman dari FOMC belum dipublikasi. Berarti FOMC ini merupakan satu dari pengumuman penting yang wajib diikuti oleh trader, khususnya yang berdedikasi kepada fundamental.

Keputusan-keputusan yang diumumkan pasca rapat FOMC hanya berlaku di wilayah Amerika Serikat saja. Akan tetapi, para investor bakal menggunakannya sebagai dasar pengambilan keputusan investasi mereka. Karenanya, dampak putusan rapat FOMC bisa mempengaruhi kuat-lemahnya nilai tukar Dolar AS, naik-turunnya saham-saham di bursa efek AS, imbal hasil obligasi, dan lain sebagainya

FOMC mengadakan rapat 8 kali dalam setahun untuk menentukan suku bunga dan memutuskan apakah bank sentral akan mengurangi atau menambah jumlah uang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah. Keputusan akhir FOMC biasanya ditentukan dengan cara pemungutan suara (voting) diantara para anggotanya.

Terdapat dua istilah terkait keputusan FOMC yang perlu Anda ketahui untuk memahami dampak keputusan FOMC:

  • Hawkish, artinya keputusan FOMC mendukung atau condong pada pengetatan moneter, kenaikan suku bunga (FED Rate/FFR), dan atau pengurangan stimulus moneter; meskipun pada rapat tersebut forum tak menaikkan suku bunga. Keputusan bernada hawkish biasanya mendorong penguatan Dolar AS.
  • Dovish, artinya keputusan FOMC condong pada pelonggaran moneter, penurunan Fed Rate, dan atau penambahan stimulus moneter; meskipun pada rapat tersebut forum tak menurunkan suku bunga. Keputusan bernada dovish biasanya mendorong pelemahan Dolar AS.

Sumber : ditulis kembali dari seputarforex.com