Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Memahami Foreign Fund Flow

Pada video sebelumnya yang berjudul Pentingkah investor mengetahui Foreign Fund Flow? Mr Nico menjelaskan dengan singkat mengenai pentingnya foreign fund flow diketahui oleh investor.

Nah, dalam artikel berikut ini kami akan tambahkan informasi mengenai bagaimana menganalisa Foreign Fund Flow tersebut.

Jika anda adalah penggemar saham-saham big caps atau setidaknya blue chips, maka besarnya aliran dana asing sepertinya adalah variabel yang wajib untuk selalu diamati. Aliran dana asing untuk seluruh pasar, maupun aliran dana asing untuk saham per saham.  Ketika investor asing cenderung beli, maka harga bergerak naik.  Sebaliknya, jika investor asing cenderung untuk melakukan posisi jual, maka harga akan cenderung bergerak turun.

Trend dari aliran dana asing ini sangatlah penting.  Investor asing itu kalau bertransaksi, jarang sekali bisa ‘sehari beli – sehari jual’.  Karena volume mereka seringkali sangat besar (terlalu besar untuk dihabiskan dalam satu hari perdagangan), mereka bisa terus menerus beli dalam beberapa hari, beberapa minggu, atau bahkan beberapa bulan

Karena investor asing ini adalah investor yang rasional (sebagian besar dari mereka adalah investor institusi), maka pergerakan volume pasarnya akan lebih mengikuti banyaknya analis fundamental yang mengamati saham-saham tersebut.  Maklum, investor asing itu sebenarnya tetap saja memerlukan penunjuk jalan untuk memberitahu mana saham yang bagus, mana yang tidak, bagaimana kinerja finansial dari perseroan, dan masih banyak lagi.  Itulah sebabnya, investor asing ini sering hanya bergerombol pada saham-saham yang diamati oleh banyak analis fundamental.

Kalau kita mau lihat data investor asing yang riil, kita cuma perlu melihat dari data di pasar riil, yang dibeli dari open market atau secara langsung dari pasar di pasar reguler.

Untuk informasi data tersebut dapat menggunakan beberapa aplikasi FREE seperti : RTI, Indonesia Stock Exchange/Data Saham Indonesia yang tersedia di Play Store dan juga tersedia di Aplikasi VOLT+

source : rencanatrading.com