Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Keuntungan dan Kelemahan Saham Fundamental

Saham fundamental adalah saham yang dianalisis oleh sejumlah analis fundamental sehingga pergerakan harga sahamnya lebih merupakan pencerminan rekomendasi-rekomendasi yang dilakukan oleh analis fundamental tersebut. Sebuah ‘saham fundamental’ yang bagus, biasanya dianalisis oleh minimal 15 orang analis fundamental. Tetapi jika dianalisa oleh 9-10 orang pun dirasa sudah cukup dikategorikan saham fundamental.

Seorang analis fundamental melakukan rekomendasi berdasarkan perubahan-perubahan fundamental yang terdapat pada emiten.  Oleh karena itu, keuntungan yang paling utama untuk fokus pada saham-saham ini adalah:

  • pergerakan harganya bergerak sesuai dengan kondisi fundamental dari perseroan.  Artinya, kalau kondisi fundamentalnya bagus, maka harga akan bergerak naik, dan sebaliknya.
  • pergerakan harga sahamnya selalu terlihat rasional.  Ini karena setiap pergerakan harga selalu terdapat alasan yang mendasari pergerakan.  Dan alasan tersebut, bisa ditemukan pada research report yang dipublikasikan oleh analis tersebut.

Volume transaksi dari saham-saham tersebut akan selalu ada.  Dalam kondisi market seperti apapun, saham-saham ini tidak pernah diam.  Selalu ada volume pasar yang mencukupi sehingga kita bisa terhindar dari resiko likuiditas.

Selain itu, pergerakan harganya juga mengikuti pergeraan pasar secara keseluruhan.

Beberapa kelemahan yang umumnya terjadi adalah:

  • Analis fundamental lebih mudah memberikan rekomendasi beli dibandingkan dengan rekomendasi jual
  • Analis fundamental lebih mengutamakan saham dengan kapitalisasi besar dibandingkan dengan kapitalisasi kecil
  • Analis fundamental sering harus menunggu fakta fundamental terbaru

Setiap saham sebenarnya memerlukan pendekatan yang berbeda dalam memahami pergerakan harga sahamnya.  Ketika kita sudah memisahkan antara saham fundamental dan saham non-fundamental, minimal kita bisa mengetahui apa yang kita hadapi.  Bagaimana kita harus bereaksi terhadap laporan keuangan, bagaimana kita harus bereaksi terhadap berita dan lainnya.

Bagi anda yang masih dalam taraf pemula, transaksi sebaiknya memang lebih difokuskan pada saham-saham fundamental karena pergerakan harganya lebih mudah untuk diprediksi dibandingkan dengan pergerakan dari saham-saham non-fundamental.

source : rencanatrading.com