Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Karakteristik Masing-masing Sektor Saham

Karakteristik Saham Sektor Agriculture

Jika kita perhatikan daftar saham sektor agriculture maka banyak sekali diisi (didominasi) oleh saham perusahaan yang bergerak di bisnis tanaman Kelapa Sawit atau Crude Palm Oil (CPO) dan komoditas, jenis ini mempunyai karakter seperti,

  • Sangat tergantung besarnya permintaan (demand) di pasar yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga CPO itu sendiri. Semakin besar permintaan di pasar maka harga akan semakin naik begitu juga sebaliknya. Info: harga CPO bersifat global dan negara importir terbesar CPO adalah negara China.
  • Sangat dipengaruhi kondisi cuaca, semakin buruk kondisi cuaca maka jumlah produksi CPO semakin menurun dan harga pun akan semakin naik.
  • Dipengaruhi oleh kurs Rupiah (IDR) terhadap US Dollar (USD) karena sebagian besar komoditas ini diekspor keluar negeri.
  • Dipengaruhi oleh pajak ekspor, semakin tinggi pajak ekspor maka semakin rendah target penjualan yang ingin dicapai sehingga menurunkan pendapatan usaha.

Karakteristik Saham Sektor Finance. 

Seperti kita ketahui bahwa saham sektor finance adalah sebuah lini usaha yang bergerak di bidang jasa keuangan yang mempunyai karakteristik,

  • Sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, tingkat suku bunga, dan inflasi.
  • Dipengaruhi oleh pertumbuhan industri lainnya misalnya, pertumbuhan industri otomotif. Semakin meningkat pertumbuhan industri otomotif semakin banyak orang yang memakai jasa pembiayaan (financial institution) untuk membantu membiayai pembelian kendaraan. 

Karakteristik Saham Sektor Mining

Jika kita lihat daftar saham sektor mining (pertambangan) diatas, sub sektor coal mining (pertambangan batu bara) adalah yang paling dominan bila dibandingkan dengan sub sektor lainnya. Sub sektor ini adalah komoditas kelas dunia sehingga secara garis besar karakteristiknya,

  • Sangat dipengaruhi oleh harga nilai pertukaran mata uang asing (IDR/USD) karena sebagian besar hasil produksinya diekspor ke luar negeri.
  • Sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah tentang kebijakan ekspor bahan mentah atau setengah jadi. Begitu juga dengan pajak ekspor yang dibebankan ke perusahaan tambang batu bara.
  • Sangat dipengaruhi oleh permintaan (demand) dari negara lain sehingga berlaku hukum persediaan (supply) dan permintaan (demand) secara global. 
  • Sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga komoditas global.
  • Sangat dipengaruhi oleh komoditas lainnya, misalnya adalah minyak (crude). Semakin mahal harga crude oil maka semakin mahal harga batu bara sebagai bahan bakar pengganti minyak.

Karakteristik Saham Sektor Infrastructure, Utilities, dan Transportation

Jika kita lihat secara sepintas sub sektor telekomunikasi adalah lini usaha yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari yang tidak peduli strata ekonomi, pendidikan, maupun umur kita. Sub sektor ini bisa dikatakan adalah usaha yang sudah matang sama dengan sub sektor saham konsumsi sehingga mempunyai karakteristik,

  • Untuk jangka panjang sub sektor ini bisa dikatakan pasti masih sangat berkembang karena GAP yang terbentuk masih besar misalnya saja sub sektor Toll Road (Jalan Toll). Gap antara fasilitas jalan toll yang tersedia dengan banyaknya permintaan akan jalan bebas hambatan masih besar.
  • Tingginya permintaan akan energi yang bebas polusi menjadikan saham sub sektor energi (PGAS) menjadi salah satu alternatif energi (yaitu gas) yang bisa dipakai. Dan harga saham energi ini sangat dipengaruhi oleh harga gas global, harga komoditas lainnya misalnya crude oil, dan kebijakan pemerintah kita sendiri terhadap ketahanan energi negara.
  • Untuk saham telekomunikasi pasti akan banyak diperlukan oleh semua lapisan masyarakat selama mereka masih memerlukan komunikasi.
  • Karena kematangan usahanya sama dengan sub sektor konsumsi maka sub sektor ini bisa dijadikan sebagai alternatif saham jangka panjang didalam portofolio kita

Karakteristik saham sektor lainnya akan kita bahas di artikel selanjutnya... so, keep update dengan blog kami ya..

sumber : belajarcuan.com