Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Investasi Reksa Dana Berkala, Cocok Untuk Karyawan

Investasi secara berkala ataw cost averaging cocok dilakukan oleh investor yang bisa berdisiplin dalam melakukan investasi dan kantongnya tidak terlalu tebal. Sebab, investor tidak membutuhkan modal awal yang besar namun hasilnya tetap optimal. Strategi ini juga cocok digunakan oleh investor yang menerima pendapatan tetap setiap bulan, seperti pegawai kantoran.

Salah satu keuntungan strategi investasi secara berkala adalah bisa menghindari risiko fluktuasi pasar. Sebab, bisa jadi di satu saat investor masuk ke pasar saat harga sudah mahal, namun di waktu yang lain investor masuk ke pasar di saat harga masih rendah. Dus, investor tidak perlu pusing memikirkan waktu yang tepat masuk ke pasar. Tapi, investasi secara berkala ini kurang cocok bila digunakan untuk investasi dalam jangka pendek, lantaran hasilnya bakal kurang optimal. Hasil yang didapat memang baru akan dirasakan untuk jangka panjang

Namun dalam jangka panjang, investasi secara berkala lebih menguntungkan ketimbang investasi sekaligus. Pasalnya, modal awal terus bertambah, hingga hasil investasi juga jadi lebih besar. Rata-rata, investasi secara berkala bisa menghasilkan keuntungan lebih besar dari investasi sekaligus setelah tahun keenam. Karena itu, investasi secara berkala cocok untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka panjang. Misalnya saja, untuk mempersiapkan dana pensiun atau untuk mempersiapkan biaya sekolah anak di masa mendatang.