Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Ingin Mencapai Financial Freedom atau Kebebasan Keuangan ?

Banyak orang tidak tahu apa itu financial freedom (kebebasan keuangan)..Kenapa perlu mencapai financial freedom ? Kenapa banyak orang sulit mencapai financial freedom (kebebasan keuangan) ? dan lain sebagainya. Ternyata permasalahan ini timbul karena literasi keuangan yang masih kurang.

Kebebasan keuangan atau financial freedom memang bukan hal yang bisa dicapai oleh semua orang, karena tidak semua orang mau memperjuangkan untuk mencapai kebebasan keuangan. Dengan merdeka secara finansial, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Anda tidak perlu pusing dengan keuangan lagi. Tetapi, apa itu kebebasan keuangan?

Kebebasan keuangan (Financial Freedom) adalah kebebasan untuk menjadi siapa diri Anda sebenarnya dan melakukan hal-hal yang disukai.

Jika Anda ingin mencapai kebebasan keuangan, maka Anda harus menjadi orang yang berbeda dari yang sekarang. Segera hapus dan lupakan kesalahan yang dahulu Anda lakukan. Kebebasan keuangan adalah sebuah proses, perbaikan dan mencapai kekuatan spiritual dan emosional.

Bagaimana caranya mencapai kebebasan keuangan? Berikut adalah beberapa langkah agar anda dapat mengembangkan kekuatan finansial anda :

  • Ubah Mindset Anda

Mind controls everything, pernyataan ini sangat relevan sebagai langkah pertama untuk menuju kebebasan keuangan. Mulailah hari Anda dengan membaca buku-buku keuangan

  • Realisasi

Anda mengubah pemikiran, mulailah untuk mengambil langkah awal untuk merealisasikan kebebasan keuangan. Kebebasan keuangan secara matematis dapat dirumuskan dengan :

         Penghasilan Pasif + Hasil Investasi >= Pengeluaran

Penghasilan pasif : penghasilan yang didapat karena aset Anda bekerja untuk menghasilkan pemasukan.

Hasil investasi : penghasilan yang didapat karena uang Anda bekerja dan menghasilkan pemasukan.

Pengeluaran : segela pengeluaran baik kebutuhan (needs) dan keinginan (wants)

  • Jangan Berhenti Belajar

Pengetahuan akan keuangan dapat memberikan Anda gambaran untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan. Anda perlu meningkatkan literasi keuangan, agar Anda dapat melihat keuangan dari sudut pandang yang berbeda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan literasi keuangan.

  • Mulailah dari Rencana Keuangan, Berinvestasi dan Membangun Asset

Jika Anda gemar menabung, berarti Anda mulai sadar akan pentingnya kebebasan finansial untuk hari tua anda. Tentunya tabungan saja tidak cukup karena uang di dalam tabungan Anda, akan ‘habis’ termakan oleh inflasi (kenaikan harga-harga barang). Sebaiknya, mulai membuat rencana keuangan untuk mencapai kebebasan keuangan dan mulai berinvestasi. Jika dana Anda sudah cukup, segera mulai membeli asset untuk mendatangkan pemasukan pasif

  • Tetap Positif

Anda pasti akan menemui tantangan dan hambatan pada pencapaian tujuan finansial. Orang-orang seperti ini adalah orang-orang yang tak henti-hentinya mengecam pilihan hidup Anda, atau lingkungan sekitar yang menganggap bahwa tujuan Anda adalah hal yang mustahil. Jangan rendah diri atau menyerah, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengacuhkan mereka. Percayalah bahwa dengan segala potensi yang dimiliki, karena Anda mampu untuk mencapai kebebasan keuangan.

Apakah Anda ingin Mencapai Financial Freedom atau Kebebasan Keuangan? Jika ya maka Anda perlu merubah mindset Anda. Mulai bergerak membatasi pengeluaran konsumtif, dan mengubahnya menjadi aset yang lebih produktif. Aset yang dapat mendatangkan pemasukan untuk Anda. Anda pasti bisa! Segeralah memulai!

sumber : fiansialku.com