Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Index Saham di Dunia selain IHSG

Beberapa waktu lalu kami membuat artikel mengenai jenis-jenis Index saham Bursa Efek Indonesia. Kali ini artikel kami mengenai Index di beberapa negara. Ada 3 bagian utama lanskap Pasar modal di dunia yaitu Eropa, Amerika dan Asia. Index saham paling utama dari negara-negara pasar modal terbesar di dunia antara lain adalah Standard & Poor 500, DJIA (Dow Jones Industrial Average) dan Nasdaq Composite. Di beberapa kawasan eropa j­uga memiliki index saham seperti di Jerman yang bernama Xetra Dax, di Inggris dengan FTSE 100, di China terdapat Shanghai Composite dan Nikkei 225 di Jepang serta Hangseng di Hongkong.

Index Saham Dow Jones sama seperti IHSG, digunakan untuk merangkum harga-harga saham dan mengukur performa industri pasar saham yang berada di Amerika.

Apa itu index saham Hang Seng? Bursa saham di Hongkong membutuhkan indicator utama untuk memonitor perubahan dan performa saham-saham yang ada di Hongkong.

Index Nikkei digunakan untuk melihat performa dari 225 saham bluechip yang terdaftar di bursa saham Tokyo.

Index Kospi (Korea Composite Stock Price Index) adalah index dari 200 saham-saham unggulan yang mencerminkan kelompok industri yang mewakili total market di Korea Stock Exhange (KRX).

Index-index saham ini terus berfluktuasi dengan cepat seiring dengan rumor pasar yang beredar. Portofolio investasi saham pada dasarnya mendapatkan peluang dari penurunan dan kenaikan index saham tersebut.

Dapat dikatakan bahwa Index saham adalah angka indicator untuk melihat harga rata-rata dari beberapa harga saham yang sudah terdaftar di bursa. Dikarenakan banyaknya saham yang diterbitkan oleh banyak perusahaan, maka di buatlah index saham ini untuk memantau kinerja sebuah bursa secara umum.