Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Ga Ada Ruginya Belajar Investasi Sejak Usia Muda

Ini alasan-alasan perlunya Anda harus mulai belajar investasi untuk keperluan pribadi Anda:

Belajar Investasi agar Anda dapat Segera Memiliki Kontrol atas Investasi

risiko dalam investasi itu terjadi karena seseorang tidak memiliki kontrol atau kendali atas investasinya. Ibarat mengendarai kendaraan, jika Anda sudah menguasainya Anda akan mudah mengendalikannya. Pertama Anda perlu mempelajari produk investasinya terlebih dahulu. Kedua Anda perlu memiliki tujuan keuangan dan strategi investasi.

Anda dapat Segera Mewujudkan Impian Anda

Contoh tujuan keuangan: Bagaimana caranya agar setelah Anda lulus kuliah, 5 tahun kerja bisa beli rumah? Kemudian bisa menikah dengan dana sendiri? Memiliki kendaraan atau mobil keluarga? dan lain sebagainya.

Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Namun supaya investasinya lebih efektif, Anda perlu belajar terlebih dahulu. Dan justru karena Anda masih muda dan kuliah sehingga masih memiliki banyak waktu dan kesempatan, masih bisa belajar dan beradaptasi dengan cepat, masih belum punya tanggungan, masih bisa belajar dari kesalahan.

Mencapai Kebebasan Keuangan

Belajar investasi saat usia muda juga meningkatkan peluang Anda untuk bisa mencapai kebebasan keuangan (financial freedom). Ide dasar kebebasan keuangan adalah mengubah penghasilan aktif menjadi penghasilan investasi dan penghasilan pasif

  • Penghasilan aktif : penghasilan yang didapat seseorang, karena menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan keringat dengan uang.
  • Penghasilan investasi : penghasilan yang didapat seseorang, karena uangnya bekerja dan menghasilkan uang.
  • Penghasilan pasif : penghasilan yang didapat seseorang, karena asetnya bekerja dan menghasilkan uang.

Makin cepat Anda belajar investasi, makin cepat Anda memiliki kendali dan mulai berinvestasi dengan efektif. Semakin cepat Anda meningkatkan penghasilan investasi, artinya semakin cepat pula Anda mencapai kebebasan keuangan.

Semoga artikel di atas dapat memberikan inspirasi dan pandangan baru mengenai investasi.