Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Beda Investasi dengan Menabung

Dalam melakukan investasi, tentu ada pro dan kontranya. Ada yang mendukung bahwa investasi sangat menguntungkan, ada pula yang beranggapan bahwa investasi itu merugikan. Memang itu tidak salah karena mereka memiliki pemikirannya masing-masing.

Perlu diketahui bahwa keuntungan investasi ada bermacam-macam, yaitu hasil keuntungannya bisa cukup banyak, dananya lebih aman, biasanya dikelola oleh pihak yang profesional atau badan/lembaga resmi. Selain itu, investasi dapat mengalahkan inflasi sehingga nilai asetnya tidak menurun tetapi malah naik.

Tidak seperti menabung biasa dicelengan masing-masing, investasi akan terus mengikuti perkembangan jaman. Dalam jangka panjang, dampak yang diterima dari investasi lebih terasa dibandingkan kita menabung biasa karena nilai investasi akan terus naik sedangkan menabung tidak, bahkan dapat termakan oleh inflasi.

Berdasarkan pertimbangan di atas, investasi sebenarnya sangat menguntungkan karena memberikan profit yang besar. Namun resiko yang ditanggung juga besar. Para investor yang berpengalaman memiliki prinsip “high risk high return”, dimana keuntungan yang didapat akan sesuai dengan resiko yang ditanggung. Dalam berinvestasi juga harus memiliki informasi yang banyak dan terupdate. Apabila tidak, kekurangan informasi dalam berinvestasi sangatlah berbahaya karena kita tidak bisa mengikuti perkembangan dan dapat terjebak ketika investasi tersebut tidak menguntungkan.

Bertolak belakang dengan menabung. Prinsip “high risk high return” tidak ada didalam menabung. Karena dalam menabung tidak akan mengalami kerugian. Namun nilai uang tersebut susah untuk berkembang