Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Aspek Sederhana Berinvestasi Dalam Keluarga

Perencanaan investasi bagi keluarga adalah sangat penting, guna meningkatkan taraf hidup keluarga dan anak-anak kelak. Disarankan juga kepada kaum muda untuk menerapkan tiga aspek sederhana berinvestasi.

kunci sukses berinvestasi adalah jika kita memulainya sedini mungkin dan dilakukan secara disiplin. Biasakan untuk menyisihkan minimal 30% dari pendapatan kita setiap bulan untuk diinvestasikan.

Jangan tergiur dengan investasi yang menawarkan keuntungan besar dan tidak wajar dalam waktu singkat. Kita harus dapat mengukur pemahaman dan keahlian dalam mengelola dan memilih instrumen investasi. Dalam memilih instrumen investasi, dia mempertimbangkan profil risiko dan jangka waktu. Ini yang dinamakan Investasi Aman

Pintar - investasi yang tidak hanya dalam bentuk uang, melainkan juga dalam bentuk pengetahuan. Seperti belajar dari perencana keuangan, training atau seminar.

Di dalam sebuah keluarga biasanya anggaran dibuat dengan membagi tiga alokasi, yaitu biaya bulanan wajib, investasi dan asuransi, serta rekreasi keluarga. Untuk biaya bulanan, seperti biaya hidup, tagihan rumah tangga, cicilan utang, dan lain-lain dialokasikan maksimal 50% dari total pendapatan. Sedangkan porsi 30% lainnya dialokasikan untuk investasi dengan tujuan persiapan dana pendidikan bagi kedua anaknya dan dana pensiun. Seluruhnya direncanakan sesuai dengan perkiraan biaya di masa depan. sisanya untuk rekreasi keluarga, meskipun ada kalanya dana cadangan digunakan untuk menutupi kekurangan…