Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Apa Itu Kontrak Berjangka

Dalam istilah dunia keuangan, kontrak berjangka merupakan kontrak standar yang biasa diperdagangkan di bursa berjangka. Kontrak berjangka dibuat atas kesepakatan dalam membeli atau menjual komoditi dalam kuantitas, kualitas, jenis, waktu dan tempat penyerahan dimasa yang akan datang. Inilah mengapa harga dari komoditi tersebut saja yang dinegosiasikan dalam perdagangan berjangka.

Sedangkan Bursa Berjangka adalah sebutan tempat untuk melakukan perdagangan berjangka. Dalam bursa, harga-harga yang dibentuk selalu berjalan transparan atau stok dan permintaan tidak ditutup-tutupi. Transaksi dilakukan oleh anggota-anggota bursa seperi Broker/Pialang Berjangka dan Pedagang berjangka. Dalam satu bursa ada banyak pasar berjangka berdasarkan dengan jumlah komoditi yang diperjualbelikan.

Sebagai pengelolaan resiko, perdagangan berjangka bermanfaat untuk membentuk harga (price discovery) dan melindungi nilai (hedging). Dengan adanya kontrak berjangka, setidaknya resiko yang timbul bisa diminimalisir. Karena transaksi hanya dilakukan melalui anggota bursa yang tidak saling mengenal secara langsung, maka perdagangan berjangka juga baik untuk sarana pembentukan harga yang wajar dan transparan.

Nasabah berhak melakukan transaksi sesuai dengan hukum yang ditetapkan dalam bursa berjangka. 

Pialang berjangka wajib menjalankan tugas seperti menjelaskan perusahaan, prosedur dan isi kontrak yang akan ditransaksikan sebelum nasabah membuka rekening.