Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

Analisis Sektoral Saham

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai analisis sektoral saham dan dengan mempelajari analisis sektoral saham maka kita sebagai investor akan tahu bagaimana karakteristik masing-masing saham di sektor yang berbeda-beda dan pada akhirnya hal ini akan membantu kita mengambil keputusan apakah kita akan membeli atau menjual saham terutama ketika terjadi sentimen ekonomi pada saham sektor tertentu

Saham yang ada di Bursa Efek Indonesia dapat dikelompokkan kedalam beberapa sektoral yang antara lain adalah :

  • Agriculture,
  • Finance,
  • Mining
  • Infrastructure, Utilities & transportation
  • Consumer goods industry
  • Basic Industry & Chemical
  • Miscellaneous Industry
  • Property, real estate, building construction
  • Trade, Services and Investment

Saham yang berada di sektor yang berbeda tidaklah dapat dianalisis dengan cara yang sama karena masing-masing saham tersebut mempunyai karakter bisnis yang berbeda-beda pula sehingga cara menganalisisnya pun juga harus berbeda.

Misalkan saja saham di sektor Agriculture yang kemungkinan besar nilai hutangnya tidaklah sebesar saham di sektor finance khususnya perbankan. Hal ini dikarenakan memang obyek bisnis yang ditangani oleh keduanya sangatlah berbeda satu sama lain.

Saham di sektor finance sangatlah dipengaruhi oleh tingkat suku bunga lain halnya dengan saham di sektor agriculture yang sangat dipengaruhi oleh harga komoditas dunia (misalnya adalah CPO atau kelapa sawit dan batubara).Begitu juga mengenai siklus bisnis yang dilaluinya sangatlah berbeda.

Jadi ketika saham perbankan Anda mengalami penurunan harga maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membandingkannya dengan saham perbankan lainnya (dalam satu sektor) apakah hanya saham perbankan Anda saja yang mengalami koreksi atau begitu juga dengan saham perbankan lainnya.

Ketika Anda menemukan penyebab utama yang dapat menyebabkan koreksi harga saham di sektor finance dan berapa lama waktu yang akan dialami oleh sektor ini maka Anda bisa melirik sektor saham lainnya yang kemungkinan besar tidak berpengaruh terhadap sentimen ekonomi yang mampu menyebabkan harga saham di sektor finance terkoreksi misalkan saja saham di sektor consumer good industry yang terkenal sebagai sektor saham defensive.

Jadi dengan mempelajari analisis sektoral saham kita dapat mengetahui karakteristik masing-masing saham yang akan kita beli. Sehingga kita mampu memilih saham yang bersifat kebal terhadap sentimen ekonomi jenis apa pun.

Nah untuk Karakteristik masing-masing sektoral, kita akan bahas di artikel berikutnya ya…