Share fb fb fb

Blog

Connect with us : facebook twitter linked instagram

awards1

3 Keputusan Financial di usia 20-an

Usia 20-an adalah saat saat paling menarik dan produktif di hidup Anda; lulus kuliah, pekerjaan pertama, kendaraan bermotor pertama, dll.  Besar kemungkinannya bahwa perencanaan keuangan Anda bukanlah prioritas utama Anda saat ini.  Walaupun begitu, ini adalah masa dimana Anda perlu membuat beberapa keputusan finansial yang penting untuk membantu Anda kedepannya. Berikut 3 hal penting yang harus Anda lakukan:

  1. Membuat anggaran belanja.

Membuat anggaran belanja jangka pendek dan jangka panjang akan membantu anda untuk tetap focus kepada tujuan keuangan anda dan untuk tetap hidup sesuai kemampuan anda. Untuk memastikan anda dapat memasuki usia 30-an dengan aman secara finansial, buatlah anggaran mingguan, bulanan dan tahunan.

Penting juga bahwa anda memonitor arus kas untuk memastikan bahwa lebih banyak kas yang masuk daripada yang keluar. Ini akan membantu anda melihat dimana anda mungkin mengeluarkan uang terlalu banyak dan untuk membantu agar anggaran belanja anda lebih efisien. Anda bisa menggunakan aplikasi budgeting gratis untuk membantu anda.

  1. Tentukan target tabungan Anda.

Memiliki target tabungan akan membuat menabung lebih memuaskan. Sebagai orang muda, sangat mudah untuk pergi jalan-jalan dan langsung menghamburkan semua uang yang Anda hasilkan, tetapi kebiasaan ini tidak akan membantu anda secara jangka panjang.

Buatlah target tabungan, mungkin untuk membeli rumah, membeli kendaraan bermotor dan faktorkan ke dalam anggaran belanja anda. Ada banyak jenis simpanan dan strategi serta instrumen finansial yang bisa membantu Anda untuk memulai.  Tabungan ini dapat digunakan untuk melakukan investasi. Semakin dini mulai melakukan investasi, maka akan semakin banyak waktu bagi dana atau investasi untuk berkembang sehingga kekayaan Anda di  masa depan juga berpotensi akan semakin besar.

Baca juga : Kenapa harus berinvestasi di usia muda

  1. Asuransikan Asset Anda

Tidak membeli asuransi adalah cara mudah untuk menghemat dan memenuhi anggaran belanja serta target tabungan Anda. Namun, ini adalah salah satu keputusan finansial terburuk yang dapat Anda ambil di masa muda.

Apa pun bisa terjadi, seperti kerusakan terhadap kendaraan Anda atau rumah Anda yang dapat memukul Anda secara finansial. Asuransi dapat membantu Anda saat kecelakaan atau musibah ini terjadi, jadi pastikan bahwa Anda memiliki asuransi pada asset anda. Ini mungkin bukan prioritas saat ini, tapi dalam 10 tahun kedepan atau lebih, akan sangat bermanfaat apabila anda memiliki uang extra hasil penghematan dari asuransi ini.